BAB l
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Banyak
jenis-jenis usaha disekitar kita yang dapat kita temui. Salah satunya jajanan
pisang,tentunya tak asing lagi dengan nama pisang.
Di
belahan bumi ini terdapat beberapa jenis pisang berdasarkan namanya ada pisang raja,
pisang susu, dan sebagainya. Jika pisang goreng saja banyak yang usaha jadi
saya memilih usaha pisang aroma karena belum ada di tanjung selor.
Biasanya
orang-orang membuat pisang goreng dengan rasa yang begitu-begitu saja, disina
penulis membuat pisang aroma dengan inovasi rasa-rasa yang berbeda. Pisang
aroma ini cukup inovatif dan kreatif karena belum ada yang membuat pisang
aroma,dengan begitu masyrakat tidak akan bosan dengan jajanan yang penulis buat
ini.
B.
Tujuan, visi dan misi
1. Sebagai
syarat untuk mengikuti uji kopetensi produktif pemasaran.
2. Melatih
siswa mengembangkan jiwa kewirausahaan yang diharapkan mampu berkereasi
menciptakan peluang usaha.
3. Membuka
lapangan pekerjaan untuk masyarakat.
4. Menambah
wawasan dan pengetahuan bembaca terhadap usaha yang kita jalankan.
Visi
:
Mampu
bersaing diusaha bisnis yang menciptakan lapangan pekerjaan serta menjadi usaha
“ pisang aroma “ sukses.
Misi
:
1. Tetap
menjaga kualitas produk agar konsumen tidak kecewa.
2. Terus
berinovasi menciptakan rasa-rasa yang berbeda.
C.
Manfaat dan saran
1. Menerapkan
usaha yang akan kita jalankan nanti.
2. Untuk
mengetahui aktifitas keuangan dalam usaha sehingga dapat mengetahui laba atau
rugi dalam suatu usaha.
3. Penulis
lebih bisa mengetahui mengenai pembuatan proposal yang akan penulis jalankan
nantinya.
Saran
:
Saran
yang penulis tahu adalah semua kalangan dan semua usia mulai dari 8-60 tahun
keatas pun bisa mengkonsumsinya, mulai dari pelajar, guru, petani dan sebagai
profesi lainya, orang perpendapatan tinggi, menengah, rendah bisa mengkonsumsinya, karena harganya yang
terjangkau.
BAB
ll
PERENCANAAN
USAHA
A.
ASPEK PRODUKSI
1. Lokasi
usaha
Penulis memasarkan
produk penulis didepan pemadam kebakaran Jl. Katamso dan tempat-tempat ramai
konsumen sekitar wilayah Tanjung Selor Kabupaten Bulungan.
2. Nama
produk
Pisang aroma. Salah
satu usaha yang cukup mudah dikelola serta pemasaran yang cukup mudah dan
didukung oleh konsumen. Karena diwilayah Tanjung Selor belum ada usaha pisang
aroma. Penulis membuat usaha yang berbeda dengan yang lainya.
3. Bahan
baku
Bahan baku yang penulis gunakan untuk
pembuatan pisang aroma adalah :
a. Pisang
b. Gula
pasir
c. Aneka
rasa makanan
d. Pembungkus
e. Kulit
lumpia
f. Minyak
goreng
g. Telur
h. Gas
4. Peralatan
dan perlengkapan
Peralatan yang penulis gunakan untuk
pembuatan pisang aroma adalah :
a. Wajan
b. Saringan
c. Solet
d. Pisau
e. Kompor
5. Proses
produksi
Poses produksi pembuatan pisang aroma
adalah sebagai berikut :
a. Belah/potong
pisang memanjang menjadi 2.
b. Siapkan
kulit lumpia kemudia masukan potongan pisang dengan gula putih dan rasa makanan
secukupnya.
c. Gulung
kulit lumpia dan ratakan ujungnya, untuk perekat supaya menempel bisa juga
menggunakan putih telur, terigu/basahi dengan air.
d. Panaskan
minyak goreng kemudian goreng pisang aroma sampai warnanya kecoklatan atau
matang.
e. Pisang
aroma siap disajikan.
B.
ASPEK PEMASARAN
1. Segmenting
Segmentasi yang penulis
gunakan untuk menjual produk ini adalah segmentasi demografis dan geografis,
berikut variabel-variabelnya :
NO
|
VARIABEL
|
KETERANGAN
|
1
|
Jenis kelamin
|
Laki-laki
perempuan
|
2
|
Usia
|
Usia 8-14 tahun
15-22 tahun
23-60
|
3
|
Jumlah keluarga
|
Ayah dan ibu
Adik dan kakak
Kakek nenek
|
4
|
Pendapatan
|
Tinggi
Menenggah
Rendah
|
5
|
Jabatan
|
Pelajar
Guru
Karyawan
|
6
|
Kepemilikan rumah
|
Rumah pribadi
Kontrakan
|
7
|
Agama
|
Islam
Kristen
Hindu
Budha
|
8
|
Lokasi geografis
|
Wilayah tanjung selor dan sekitarnya
|
2. Targeting
Target pasar yang akan
penulis tuju adalah semua kalangan dan semua usia mulai dari anak-anak 8-14
tahun, remaja 15-22 tahun,dewasa 23-60 tahun dan orang lanjut usia.
Lokasi pemasaran yang penulis tuju
adalah daerah kota tanjung selor dan sekitarnya. Produk penulis ini dapat
dijangkau mulai dari kalangan pelajar, guru, dan karyawan. Dan produk penulis
ini terbut dari bahan-bahan yang aman dan tanpa ada bahan pengawet.
3. Marketing
mix
Untuk pempromosikan produk
ini penulis menggunakan strategi seles promotion akan memberikan diskon 2 %
bila pembelian lebih dari 5 pada masyrakat sekitar rumah penulis, yaitu
selimau,penulis juga mempromosikan produk ini dengan cara memberikan
kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh produk penulis. Dan begitu mereka akan
tertarik untuk membeli produk penulis.
a. Product(produk)
Produk yang penulis
buat adalah pisang aroma dengan merek “ pisang aroma “ kemasan mika ukuran 3T
isi 10 biji. yang bahan baku utamanya pisang. Produk ini terdiri atas pisang
dan kulit lumpia dan bahan-bahan yang kerkualitas.
b. Price(harga)
Penetapan harga untuk
produk ini adalah dengan mempertimbangkan biaya variabel,biaya tetap dan
takaran pas agar harga dari produk ini dapat dijangkau masyrakat, yaitu dengan
harga Rp.20.000 dengan wadah mika isi 10 biji.
c. Promotion(promosi)
Untuk mempromosikan
produk penulis ini menggunakan strategi salles promotion yang akan memberikan
diskon 2 % setiap pembelian diatas lima pack bagi masyarakat sekitar desa
selimau.
d. Place(tempat)
Penulis memasarkan
produk penulis didepan pemadam kebakaran Jl. Katamso dan tempat-tempat ramai
konsumen sekitar wilayah Tanjung Selor Kabupaten Bulungan.
C.
ANALISIS SWOT
1. Strength
( kekuatan )
a. Mempunyai
ciri khas prodok yang berbeda dari yang lain yaitu pisang aroma.
b. Meskipun
produk ini sudah banyak yang akan menjual, tapi produk penulis banyak yang
belum ada yang meniru, jadi pesaingnya belum banyak.
c. Ada
pisangnya yang berbeda rasa.
2. Weakness
( kelemahan )
a. Harga
bahan baku yang naik turun.
b. Pisang
terkadang banyak yang terlalu masak.
c. Harus
tepat dalam meracik bahan dasarnya, jika ada yang kurang pas maka rasanya
berbeda.
3. Opportunity
( peluang )
a. Masyrakat
indonesia cenderung konsumtif sehingga masyrakat tetap membeli.
b. Karena
produk ini terbilang baru, maka pesaingnya sedikit.
c. Karena
masih sedikit yang tau usaha ini maka besar kemungkinan akan mendapat laba yang
besar.
4. Treat
(ancaman )
a. Masyrakat
bosan dengan olahan ini, karena ada pergeseran selera.
b. Banyak
orang mengira makanan ini rasanya sma saja dengan pisang goreng lainya.
c. Munculnya
pesaing baru untuk produk yang lebih inovatif.
BAB
lll
PERENCANAAN
KEUANGAN
A.
Permodalan
1. Modal
Guna suksesnya usaha yang akan penulis
jalankan maka dibutuhkan modal, sumber modal yang penulis gunakan adalah dari
tabungan sendiri ( Mandiri ) sebesar Rp.800.000.
2. Biaya
tetap
Berikut biaya tetap dalam usaha pisang aroma :
NO
|
NAMA ALAT
|
JUMLAH
|
HARGA SATUAN
|
JUMLAH TOTAL
|
1
|
wajan
|
1
|
Rp.35.000
|
Rp.35.000
|
2
|
Saringan
|
1
|
Rp.20.000
|
Rp.20.000
|
3
|
Solet
|
1
|
Rp.15.000
|
Rp.15.000
|
4
|
Pisau
|
2
|
Rp.5.000
|
Rp.15.000
|
5
|
kompor
|
1
|
Rp.230.000
|
Rp.230.000
|
|
|
|
JUMLAH
|
Rp.325.000
|
3. Biaya
variabel
Berikut biaya variabel dalam usaha pisang aroma :
NO
|
NAMA BARANG
|
JUMLAH
|
HARGA SATUAN
|
JUMLAH TOTAL
|
1
|
Pisang
|
10 sisir
|
Rp.10.000
|
Rp.100.000
|
2
|
Gula pasir
|
2 kg
|
Rp.15.000
|
Rp.30.000
|
3
|
Rasa makanan
|
4 bungkus
|
Rp.2.000
|
Rp.8.000
|
4
|
Pembungkus
|
1 pack
|
Rp.15.000
|
Rp.15.000
|
5
|
Kulit lumpia
|
5 bungkus
|
Rp.12.000
|
Rp.60.000
|
6
|
Minyak goreng
|
3 L
|
Rp.13.000
|
Rp.39.000
|
7
|
Telur
|
4 butir
|
Rp.2.000
|
Rp.8.000
|
8
|
gas
|
3 kilo
|
Rp.25.000
|
Rp.25.000
|
JUMLAH
|
Rp.285.000
|
4. Perhitungan
sisa modal
= modal – ( biaya tetap + biaya variabel
)
= Rp.800.000 – ( Rp.325.000 + Rp.285.000
)
= Rp.800.000 – Rp.610.000
= Rp.190.000
5. Penentuan
harga jual
Penentuan harga pokok produksi perhari
200 biji, 1 biji dibelah menjadi 2, jadi ada 400 biji, 400 biji tersebut
dijadikan dalam kemasan pack. per pack berisi 10 biji, jadi ad 40 pack.
HPP Perbiji =
HPP Perbiji =
= 712,5 ( dibulatkan jadi Rp.800
)
Maka harga jual per pack 800 x 40 =
Rp.32.000
ð Profit
margin
Laba
yang diinginkan untuk umum :
Profit
margin =
Profit
margin =
= Rp. 1.781,25 ( dibulatkan menjadi
Rp.2.000 )
Jadi
keuntungan untuk umum sebesar Rp.2.000
Maka
harga jual per pack adalah :
=
HPP/biji + laba
=
Rp.32.000 + Rp.2.000
=
Rp.34.000
B.
Perencanaan laba/rugi
Dalam
sekali produksi produk yang laku terjual
sebanyak :
40
pack maka perhitungannya adalah :
=
Q laku x harga jual/biji
=
40 x 34.000
=
Rp. 1.360.000
Pendapatan
1 kali produksi Rp.1.360.000
ð Perhitungan
laba/rugi
20
kali produksi dalam sebulan :
=
( pendapatan x jumlah produksi ) – ( biaya variabel x jumlah produksi )
=
( 1.360.000 x 20 ) – ( 285.000 x 20 )
= 27.200.000 – 5.700.000
=
Rp.21.500.000
Jadi
pendapatan penulis perbulan Rp.21.500.000
BAB
lV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dalam
adanya tugas membuat proposal ini saya mengetahui bagaimana cara mendirikan
usaha dengan baik dan terancang mulai dari segi modal, produksi,
pemasaran,laba/rugi. Sehingga ini bisa dijadikan jalan menuju perkembangan “
Pisang Aroma “ menjadi lebih baik dan dapat memunculkan inivasi-inovasi baru.
Semoga usaha makanan ini menjadi inspirasi dalam memulai sebuah kesuksesan.
Maka dari itu manfaatkanlah peluang yang ada dan jangan takut mengambil resiko
karena setiap usaha apapun pasti memiliki tingkat kesulitan dan resiko
masing-masing
Usaha
yang penulis jalankan ini cukup menjadikan jia kita ulet, teliti, telaten, dan
jeli dalam mengambil peluang dan memanfaatkanya menjadi sebuah kesempatan untuk
kitausaha dimasa depan. Selain itu dalam melakukan suatu usaha untuk serius dan
fokus . kegagalan dan keberhasilan usaha sebenarnya berasal dari diri kita
sendiri.
B.
Saran
Untuk
menjadi seorang wirausahawan yang sukses dibutuhkan keberanian mengambil
resiko, sifat pantang menyerah, selalu berinovasi baru, harus bisa menentukan
langkah ap yang akan di ambil jika tiba-tiba ada masalah dalam usaha juga harus
bisa memikirkan rencana jangka panjang demi
kemajuan usahanya. Semoga
kedepannya usaha saya ini bisa maju dan berkembang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar